Senin, April 08, 2013

Pertemuan Ke 8

Aspek Ergonomi Dalam IMK
Istilah Ergonomi berasal dari bahasa Latin yaitu Ergos (kerja) dan Nomos (hukum alam)dan dapat didefenisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan perancangan/desain. Ergonomi secara khusus mempelajari keterbatasan dan kemampuan manusia dalam berinteraksi dengan teknologi dan produk-produk buatannya. Ilmu ini berangkat dari kenyataan bahwa manusia memiliki batas-batas kemampuan baik jangka pendek maupun jangka panjang, pada saat berhadapan dengan lingkungan sistem kerja yang berupa perangkat keras/hardware (mesin, peralatan kerja, dll) dan perangkat lunak/software (metode kerja, sistem, dll).
Keuntungan Penerapan Ergonomi Bagi Pekerja : • Lebih baik dalam mengerjakan tugasnya • Lebih sehat • Meningkatkan kepuasan kerja • Lebih produktif
Aspek Ergonomi dari Stasiun Kerja • Stasiun kerja: sistem komputer termasuk mebeler yang digunakan, mis: kursi, meja • Permasalahan yang muncul jika seorang operator komputer terlalu lama bekerja di depan komputer: – Serangan miopi yang semakin besar – Keluhan mata, mis: iritasi, ketegangan mata – Ketegangan punggung, otot siku, dan otot pundak Prinsip-prinsip Ergonomi
Prinsip Fiskal : • Jadikan segala sesuatu mudah untuk dijangkau • Bekerja dengan tinggi yang sesuai/cocok • Bekerja dengan postur yang sesuai • Mengurangi pengeluaran tenaga yang berlebihan • Meminimalkan kepenatan/keletihan • Mengurangi pengulangan yang berlebihan • Memberikan jarak ruang dan akses • Meminimalkan contact stress • Memberikan mobilisasi dan merubah postur/posisi • Menciptakan lingkungan yang menyenangkan • Pencahayaan yang tepat • Temperatur yang tepat • Menahan getaran
Prinsip-prinsip Kognitive : • Adanya standardisasi • Membuat stereotipe • Menghubungkan aksi dengan persepsi • Mempermudah pemaparan suatu informasi • Menyajikan informasi pada level yang tepat secara detail • Memberikan image/gambaran yang jelas • Membuat redundansi, mis: warna yang berbeda, cetak tebal, miring, dll • Membuat pola/patterns • Memberikan stimulan yang bervariasi sesuai dengan keadaan • Memberikan umpan balik secara cepat/seketika
Pencahacaan : • Tujuan perancangan pencahayaan: – Menghindarkan user dari cahaya terang langsung atau pantulannya – Memperoleh keseimbangan antara kecerahan (brightness) layar tampilan dan kecerahan yang ada di depan user – Menghindari cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan – Memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar tampilan
Sumber Cahaya : • Cahaya langsung, yang berasal dari: – Matahari yang menerobos masuk lewat jendela, atau – Sumber cahaya buatan, mis: bolam lampu • Cahaya tidak langsung, yang dipantulkan oleh: – Tembok atau partisi – Langit-langit rumah atau plafon – Lantai rumah – Bahan yang ada disekitar layar tampilan, mis: pemegang dokumen – Bagian atas dari meja yang digunakan – Pakaian yang digunakan oleh operator
Suhu dan Kualitas Udara : • Komputer yang dihidupkan dalam waktu yang lama akan menghasilkan panas sehingga akan mempengaruhi suhu ruangan dimana komputer tersebut ditempatkan • Panas yang berlebih ini akan berpengaruh secara negatif pada kinerja operator dan komputer • Untuk itu diperlukan peralatan lain untuk menetralisir suhu yang tinggi tersebut, diantaranya adalah penggunaan kipas angin, dan atau AC
Gangguan Suara : • Dapat berasal dari: suara AC, komputer, manusia, suara speaker, atau peralatan lainnya • Gangguan ini akan nampak jika suara yang terjadi relatif besar bagi user • Akibatnya: user akan merasa terganggu, stress dan konsentrasinya menurun • Cara mengatasi: – Menutup telinga dengan rapat (‘tuli’) – Memasang peredam suara

0 komentar:

blogger templates 3 columns | Make Money Online